Waktu Kopdar Yang Ideal

Minum kopi pagi hari, paling sehat adalah antara pukul 9.30 sampai 11.30. Namun berbeda-beda bagi tiap orang, tergantung siklus peningkatan kortisol masing-masing.

Bagun tidur pagi-pagi, paling enak setelahnya adalah minum kopi. Kebanyakan orang, terutama para penggemar kopi, punya kebiasaan itu. Ngopi pagi hari. Bahkan tak sedikit yang kemudian merasa ada yang janggal dalam hidupnya tanpa secangkir kopi-pagi. Bagi mereka, ritual ngopi pagi-pagi adalah prosesi wajib yang tak boleh dilewati.

Namun, apakah pagi-pagi itu waktu yang ideal untuk mengopi? Seorang ahli ilmu syaraf, Steven Miller, menyarankan, sebaiknya tahan dulu meminum kopi sampai sekitar pukul 10.30. Itulah waktu ideal mengonsumsi kafeina, kandungan utama kopi.

Kafeina, kata ahli ilmu syaraf dari University of Health Sciences di Maryland, Amerika Serikat, itu mencapai efek optimalnya terhadap tubuh kita antara pukul 9.30 sampai 11.30 setiap hari. Penyebabnya adalah cara kerja kafeina berinteraksi dengan kortisol, hormon penting dalam tubuh.

Tubuh memproduksi hormon kortisol untuk membantunya mengatur jam biologis, mendorongnya bangun tidur dan terjaga. Secara alami, dalam siklus 24 jam, hormon kortisol meningkat tinggi biasanya antara pukul 8 sampai 9. Saat-saat itulah tubuh yang sehat tidak butuh stimulan—secangkir kopi berkafeina—untuk membuatnya bangun, bersemangat, dan tetap terjaga. Maka, sebaiknya kita mengopi setelah hormon kortisol itu kembali merendah, yakni antara pukul 9.30 sampai 11.30.

Pernahkah Anda meminum kopi dan merasa tak ada pengaruh apa-apa?

Bisa jadi penyebabnya adalah karena sering ngopi pagi-pagi. Jika meminum kopi saat hormon kortisol sedang meningkat tinggi, tubuh akan menoleransi kadar kafeina yang masuk. Lama-lama, khasiat secangkir kopi akan kurang berdampak bagi tubuh, dan kita akan perlu meminum lebih dari secangkir untuk kembali merasakan dampaknya.

Meskipun peningkatan hormon kortisol memuncak antara pukul 8 sampai 9 lalu menurun setelahnya, ia akan kembali meningkat pada siang hari sampai sekitar pukul 13. Juga pada sore antara pukul 17.30 sampai 18.30. Karena itu, waktu paling ideal meminum kopi-pagi adalah antara pukul 9.30 sampai 11.30, saat kortisol menurun, sebelum kemudian meningkat lagi pada siang hari.

Namun, pukul berapa tepatnya waktu paling ideal untuk mengopi pagi hari tentu berbeda-beda bagi tiap orang, tergantung siklus peningkatan kortisol masing-masing dan kapan normalnya mereka bangun pagi. Sebab, secara alami, tingkat kortisol akan naik beberapa saat setelah bangun tidur dan tetap tinggi sampai sekitar satu jam setelahnya.

Maka, kalau kebiasaan bangun tidur Anda adalah pukul 4, bisa jadi kortisol Anda akan mulai memuncak pada pukul 5 atau 6, dan waktu ideal mengopi pagi hari bagi Anda adalah mulai sekitar pukul 6.30 atau 7.30.

Semakin biasa bangun cepat, makin lekas pula waktu ideal mengopi yang didapat.[]

Referensi:

Tinggalkan komentar